Rabu, 19 Desember 2012

Perangkat Lunak Aplikasi


A.    Peran Perangkat Lunak

Perangkat lunak sesungguhnya adalah program, program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft) ataupun perseorangan.

B.     Pengelompokkan Perangkat Lunak

Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua golongan yaitu:
1.      Perangkat Lunak Aplikasi (application software)
Adalah program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
2.      Perangkat Lunak Sistem (System Software, kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support software)
Adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan atau keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, contohnya adalah Windows dan Linux.
Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan menjadi:
1.      Perangkat Lunak Komersial (commersial software)
Perangkat lunak hak beli, karena mempunyai hak cipta. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan. Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa izin pemegangnya. Perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali. Contohnya adalah Microsoft Office dan Adobe Photoshope.
2.      Perangkat Lunak Domian-Publik
Perangkat lunak yang mempunyai sifat gratis, karena tidak mempunyai hak cipta. Perangkat lunak seperti ini biasanya berupa kode dan banyak dijumpai diinternet.
3.         Sharewer
Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus menerus . seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
Perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bisa digunakan oleh pemakai dengan tujuan dievaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jika sesudah masa tersebut berlalu pemakai bermaksud untuk tetap menggunakannya maka ia perlu membayar kepembuat perangkat lunak tersebut. Berbeda dengan versi trial, shareware tidak memiliki masa kadarluarsa. Artinya, pemakai tetap dapat menggunakan perangkat lunak tersebut walaupun batas uji coba tersebut telah berakhir. Umumnya pembuatan shareware menyediakan layanan untuk konsultasi, manual tercetak, pemutakhiran keversi yang lebih baru secara gratis, dan terkadang memberikan bonus berupa perangkat lunak yang lain. Tujuan pembuatan shareware adalah untuk mendapatkan bantuan dana dari pemakai guna pengembangan lebih lanjut. Situs yang menyediakan sharware antara lain adalah http://www.shareware.com/ dan http://www.asp-shareware.com
4.         Freeware
Perangkat lunak yang digunakan tanpa perlu membayar sama sekali. Perangkat lunak tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar.Ada beberapa alasan dalam pembuatan frereware yaitu:
a.       Sebagai penarik bagi pemakai untuk membeli versi lebih lebih lanjut (dengan fitur yang lebih lengkap) yang bersifat komersil.
b.      Pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai sehingga dia dapat mengembangkannya ke versi yang lebihbagus.
c.       Pembuat ingin menyebar luaskan karyanya supaya ia menjadi terkenal.
d.      Pembuat ingin benar-benar membantu pemakai dalam melaksanakan tugas tertentu tanpa perlu membeli perangkat lunak komersil. Contoh situs yang menyediakan freeware adalah ttp://www.betsdownload.com/ dan http://www.simtel.net/ merupakan contoh situs yang menyediakan berbagai freeware (dan juga shareware).
5.      Rental Ware
Perangkat lunak yang digunakan dengan cara menyewa, memiliki hak cipta. Sewa biasanya dilakukan per tahun.
6.        Free software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai (sepanjang lisensi memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah. Sebuah program disebut free sofware jika:
a.       Pemakai mempunyai kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apa saja.
b.      Pemakai mempunyai kebebasan untuk mendistribusikan kembali salinan program, baik secara gratis ataupun secara bayaran.
c.       Pemakai memiliki kebebasan untuk memodifikasi program sesuai kebutuhan. Oleh karena itu kode sumber harus tersedia.
d.      Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan versi-versi program yang telah dimodifikasi sehingga komunitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan tersebut.
Free software dirancang oleh Richard stallman (pendiri Free Software Foundation) tujuan dari stallman adalah menciptakan kebebasan kepada pemakai dan menghindarkan penontrolan prorram oleh suatu pihak. Untuk menunjang kebebasan tersebut, Stallman menggunakan metode yang disebut copyleftterhadap perangkat  lunak GNU yang ia kembangkan. Istilah ini adalah pembalikan dari istilah copyright. Copyleft juga menggunakan hak cipta yang memberikan hak kepada pemakai untuk menjalankan program, memodifikasi, hingga mendistribusikan versi modifikasinya, tetapi melarang menjadikannya sebagai program sebagai program proprietary. Informasi lebih lanjut tentang free software dapat dilihat pada http://www.free-soft,org/.
7.        Open Source
Serupa dengan free software. Hanya berbeda dalam filosofi. Dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimaksudkan untuk menghilangkan makna ”free”pada “free software yang ambigu karena dalam bahasa inggris kata terseut memiliki arti yang bermacam-macam, yakni “free” dalam arti gratis atau kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak tentu perangkat lunaktersebut akan segera berevolusi menuju ketingkat kesempurnaan. Hak-hak yang disediakan para open source:
a.       Hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut.
b.      Hak untuk mengakses kode sumber sebagai syarat untuk bisa melakukan pemodifikasian.
c.       Hak untuk melakukan pengembangan terhadap program.
Secara prinsip, program yang tergolong sebagai free software juga memenuhi kriteri open source. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut Open Source , dapat mengakses situs http://www.opensource.org

C.    Istilah Versi dan Rilis

Pada perangkat lunak dikenal istila  versi (vesion)dan rilis (release). Versi menyatakan sebuah perubahan besar pada perangkat lunak. Umumnya versi dinyatakan dengan bilangan semacam berikut: 2.0, 3.0, 4.0, 5.0, 6.0 dan sebagainya. Terkadang notasi lain digunakan sebagai contoh Microsoft Office 97 dan Ofice 2000.
Rilis menyatakan perunbahankecil terhadap sebuah versi yang sama. Rilis biasanya dinyatakan dengan angka dibelakang tanda titik. Contoh versi 4.0 bisa menjadi 4.1, 4.11, dan 4.12.

D.    Antarmuka Pemakai

Bentuk interaksi antara pemakai dan komputer ataudisebut antarmuka pemakai pada komputer dimasa lalu dan pada masa sekarang telah mengalami perubahan secara total. Pada masa generasi awal, PC menggunakan antarmuka yang dinamakan command-driven. Pada antarmuka ini, pemakai disuguhi dengan prompt shell dan pemakai perlu mengetikan sendiri perintah yang dikehendakinya agar komputer melaksanakan tugasnya.
Untuk memudahkan pemakai, dibuatlah antar jenis muka lainyang dikenal dengan sebeutan GUI (Graphical User Interface). GUI mengandalkan peranti yang disebut mouse untu melaksanakan pemilihan perintah yang dikemas dalam bentuk mene dan ikon. Klik, klik ganda (double-click), tarik dan lepas (drag ang drop), klik kanan merupakan istilah-istilah yang diakrabi oleh pada pemakai GUI.
Antar muka dalam bentuk lain  juga mulai diterapkan. Sebagai contoh, dumungkinkan untuk memerintahkan komputer dengan menggunakan suara atau dengan kedipan mata.

E.     Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak biasanya digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti mengetik dokumen, memanipulasi foto, dan merancang rumah. Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi:
1.      Perangkat Lunak Hiburan
Mencakup program-program permainan (game), program memainkan musik (misalnya WinAmp), dan program untuk memainkan film (misalnya Xing).
2.      Perangkat Lunak Pendidikan
Berguna untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan. termasuk dalam kategori itu adalah program kamus, ensikjopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing dan simulasi.
Adakalnya sebuah program menggabungkan kemampuan pendidikan dan hiburan sekaligus. Perangkat lunak seperti ini biasa disebut edutainment. Banyak program untuk anak-anak yang mendukung unsur hiburan dan pendidikan. Mereka dapat bermain-main dengan komputer tetapi sekaligus belajar kata-kata atau mengenali benda.
3.      Perangkat Lunak Bisnis
Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).
4.      Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
Berguna untuk meningkatkan produktivitas pemakai. Beberapa golongan pernagkat lunak untuk meningkatkan produktifitas kerja yaitu:
a.      Word Processing
untuk menciptakan dokumen ataupun untuk membuat surat. Misalnya: Word dan Abi Word.
Perangkat lunak ini memberikan kemudahan dalam menformat teks (Misalnya agar teks tertata rapih dengan rata dibagian kanan ataupun kiri), membuat teks tertentu ditebalkan atau dimiringkan, mengatur font (jenis tulisan, misalnya Times Roman, Arial, Courier, termasuk ukurannya), bahkan memungkinkan untuk menambahkan gambar atau foto kedalam dokumen. Dalam prakteknya, kemampuan untuk melakukan pengolahan kata sangat bervariasi. Sebagai contoh, ada yang memberikan fasilitas untuk membuat tabel, mengatur teks agar ditampilkan dalam beberapa kolom, ataupun menyimpan file kedalam format HTML.
Pengolahan kata seperti Word mendukung fitur spelling checker yang berfungsi untuk mengidentifikasi masalah ejaan , grammar checker yang berfungsi untuk mengidentifikasi kesalahan tatabahasa, dan thesaurus yang berfungsi untuk mencarikan padanan kata.

Daftar Pengolahan Kata
Nama
Vendor
Ami Pro
Lotus Development Corp
StarOfficer Writer
Sun Microsystems
Word
Microsoft Corporation
WordPerfect
Novel Corporation
WordStar
WordStar International Corporation

b.      Spreadsheet
 Pengolahan data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan perhitungan secara dinamis. Contoh: Microsoft Excel dan StarOffice, Calc.
Mempunyai tampilan yang khas, berapa sekumpulan sel, setiap sel memiliki alamat yang dinyatakan dengan nama baris dan kolom. Pada gambar diatas terlihat bahwa nama baris berupa angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.
Pada sel inilah pemakai dapat menuliskan teks, angka, dan bahkan rumus. Rumus yanr disediakan berbagai ragam, dari sekedar menghitung jumlah nilai dari beberapa kolom sampai keperhitungan IRR (Internal Rate of Return: suatu metode yang biasa digunakan untuk menghitung investasi).
Spreadsheet dilengkapi dengan fasilitas untuk menyajikan data dalam bentuk grafik seperti diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis dapat dipilih oleh pemakai dengan mudah.
Daftar spreadsheet
Nama
Vendor
Claris Resolve
Claris Corporation
Excel
Miscrosoft
Lotus 1-2-3
Lotus Development Corporration
QuatroPro
Novel Corporation
StarOffice Calc
Sun Microsystem

c.    Desktop Publishing
menangani pembuatan buku, surat kabar, dan iklan, contoh: CorelDraw. Umumnya perangkat lunak ini mempunyai kemampuan untuk menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak lain, misalnya:
·                       Dokumen dari pengolahan kata.
·                       Gambar buatan yang dilakukan melalui perangkat penggambar seperti paint.
·                       Gambar hasil scanner.
Daftar Dekstop Publishing.

Nama
Vendor
Corel Draw
Corel Corporation
FrameMaker
Frame Technology
InDesign
Adobe
Publish It!
Timeworks International
Publisher
Microsoft Corrporation
QuackXPress
Quark
Ventura
Corel Corporation

d.        Presentasi Grafik
 Untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau untuk membuat diktat, dan sekaligus dapat dipakai sebagai alat untuk presentasi. Contoh: PowerPoint dan StarOffice Impress.
Berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, pembuatan bahan presentasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.  Anda biasa menyajikan teks, grafik, gambar, dan grafik dan kemudian mencetaknya kedalam bentuk kertas ataupun plastik transparan.
Jika anda menggunakan perangkat lunak ini untuk melakukan presentasi-dengan menghubungkan komputer ke proyektor LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD kelayar presentasi –banyak fitur lain yang dapat anda libatkan, seperti menambahkan animasi saat terjadi penggantian slide dan bahkan anda bis amenyajikan film yang direkam dengan kamera video.
Daftar Perangkat Lunak Presentasi Grafik
Nama
Vendor
Action!
Macromedia
StarOfficer Impress
Sun Microsystem
FreeLance Graphics
Lotus Development Corporation
Power Point
Microsoft Corporation
WordPerfect Presentation
Novel Corporation

e.      Komunikasi
 Komunikasi berfungsi untuk melakukan komunikasi antar pemakai secara elektronis. Contoh Microsoft Outlook dan Opera dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronis.
Daftar Perangkat Lunak e-mail
Nama
Vendor
PerfectOffice
Novel Corporation
Netscape Messenger
Netscape Communications
Outlook Express
Microsoft Corporation
Kmail
Koffice Team
f.       Personal Information Manager
 Mengelola informasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan.
Merupakan program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi. Perangkat lunak ini bermanfaat untuk mengelola ibformasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan.
                            Daftar Perangkat Lunak PIM
Commence
Jensen-Kones, Inc
Computer Organizer
Impulse Software
Lotus Organizer
Lotus Development Corporation (Sekarang IBM)
Microsoft Outlook
Microsoft Corporation

g.      Management Data
Untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data atau informasi. Program yang berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat. Beberapa contoh DBMS yang biasa dipakai oleh perseorangan




Daftar DBMS
Nama
Vendor
Acces
Microsoft Corporation
Paradox
Novell Corporation
Visual Dbase
Borland International
Visual Ekspress
Computer Association
Visual FoxPro
Microsoft Corrporation

Diluar pengolahan data diatas terdapat kelompok perangkat lunak produktifitas yang lain, misalnya yang tergolong sebagai pengolah statistika (Contoh SPPS dan MicroStat).
Perangkat lunak produktivitas kerja merupakan perangkat lunak aplikasi yang umum dipakai orang.

F.     Software Suite

Adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah Microsoft Officer, Lotus SmartSuite, serta StarOffice. Sebagai contoh, Microsoft Office merupakan produk yang terdiri atas sejumlah program seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, dan beberapa program lainnya.




Contoh beberapa Software suite
Program
Microsoft Office
Corel WordPerfect Ofice
Sun StarOffice
Pengolahan Kata
Word
WordPro
StarWriter
Lembar Kerja
Excel
QuartroPro
StarCale
Presentasi
Power Point
Presentations
StarImpress
Personal Information Manager
Outlook
Corel Cental
StarSchedule
Management Basis Data
Acces
Paradox
StarBase

4 komentar:

  1. thks sob untuk tipsnya, boleh di coba
    http://myagnetasoyamilk.com/

    BalasHapus
  2. maksih dek, mohon izin ambilnya ya

    BalasHapus
  3. Sangat dimegertii kunjungiwebsite kami Http:// www.stmikatmaluhur.ac.id
    Kunjungi blog saya https://1722300004.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus
  4. Sangat dimegertii kunjungiwebsite kami Http:// www.stmikatmaluhur.ac.id
    Kunjungi blog saya https://1722300004.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus