Rabu, 19 Desember 2012

Multimedia dan Virtual Reality


   A.    Pengertian
Yaitu interaksi antara teks, suara, gambar statis, animasi dan video (perry, 1994) Ditinjau dari kata pembentukannya, multimedia berarti melibatkan berbagai media.

   B.      Aplikasi Multimedia
- Presentasi bisnis
- Pelatihan berbasis komputer
- Hiburan
- Pendidikan
- Penyajian informasi
- Kios interaktif ( toko online )
- Telekonferensi

   C.     Beberapa komponen multimedia yang digunakan :
- Kartu Suara
- Speaker
- Mikropon

   D.     Peralatan yang digunakan untuk membangaun suatu aplikasi multimedia

1.       Teks
Merupakan bentuka media yang paling umum digunakan dalam neyajikan informasi, baik model baris perintah ataupun GUI.
2.      Suara
a.       Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu
b.       Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format
3.      Gambar Statis
a.       Berbagai format gambar yang telah diimplementasi dalam sistem komputer:
BMP, CDR, GIF, JPG, PNG, TIFF, PCX
b.      Berbagai perangkat lunak untuk membuat gambar statis
Adobe Photoshop, Coreldraw,  Paint,dll
4.      Animasi
a.       Merupakan teknik untukm membuat gambar yang bergerak.
b.       Contoh aplikasi sederhana untuk membuat animasi Ulead GIF Animator.
c.       Film-film di layar televeisi pada saat ini banyak yang menggunakan teknik animasi
5.      Video
a.       Aplikasi sederhana untuk membuat film dengan format AVI yaitu Adobe Premiere, Windows Movie Maker
b.      Format berbagai video:
AVI,  MOV, MPEG, dll
c.        Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan Virtual reality terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Aplikasi Virtual Reality:
1.      Manufaktur
Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan
2.      Arsitektur
Perancangan gedung
3.      Militer
Pelatih (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
4.      Kedokteran
Pelatihan pembedahan, terapi fisik
5.      Penelitian / Pendidikan
Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks
6.      Hiburan
Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll
Efek Negaif Virtual Reality

Tidak ada komentar:

Posting Komentar