A.
Pengertian
Yaitu interaksi antara teks, suara, gambar statis, animasi dan
video (perry, 1994) Ditinjau dari kata pembentukannya, multimedia berarti
melibatkan berbagai media.
B.
Aplikasi Multimedia
- Presentasi bisnis
- Pelatihan berbasis komputer
- Hiburan
- Pendidikan
- Penyajian informasi
- Kios interaktif ( toko online )
- Telekonferensi
- Presentasi bisnis
- Pelatihan berbasis komputer
- Hiburan
- Pendidikan
- Penyajian informasi
- Kios interaktif ( toko online )
- Telekonferensi
C.
Beberapa komponen multimedia yang digunakan :
- Kartu Suara
- Speaker
- Mikropon
- Kartu Suara
- Speaker
- Mikropon
D.
Peralatan yang digunakan
untuk membangaun suatu aplikasi multimedia
1.
Teks
Merupakan bentuka media yang paling umum digunakan dalam neyajikan informasi, baik model baris perintah ataupun GUI.
Merupakan bentuka media yang paling umum digunakan dalam neyajikan informasi, baik model baris perintah ataupun GUI.
2.
Suara
a.
Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu
b.
Suara pada komputer
disimpan dengan berbagai format
3.
Gambar Statis
a.
Berbagai format gambar yang telah diimplementasi dalam sistem
komputer:
BMP, CDR, GIF, JPG, PNG, TIFF, PCX
BMP, CDR, GIF, JPG, PNG, TIFF, PCX
b.
Berbagai perangkat lunak untuk membuat gambar statis
Adobe Photoshop, Coreldraw, Paint,dll
Adobe Photoshop, Coreldraw, Paint,dll
4.
Animasi
a.
Merupakan teknik untukm membuat gambar yang bergerak.
b.
Contoh aplikasi sederhana
untuk membuat animasi Ulead GIF Animator.
c.
Film-film di layar televeisi pada saat ini banyak yang
menggunakan teknik animasi
5.
Video
a.
Aplikasi sederhana untuk membuat film dengan format AVI yaitu
Adobe Premiere, Windows Movie Maker
b.
Format berbagai video:
AVI, MOV, MPEG, dll
AVI, MOV, MPEG, dll
c.
Virtual reality (VR) atau
realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan
suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated
environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu
lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan Virtual reality terkini
umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar
komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi
mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui
speaker atau headphone.
Aplikasi Virtual Reality:
Aplikasi Virtual Reality:
1.
Manufaktur
Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan
Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan
2.
Arsitektur
Perancangan gedung
Perancangan gedung
3.
Militer
Pelatih (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
Pelatih (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
4.
Kedokteran
Pelatihan pembedahan, terapi fisik
Pelatihan pembedahan, terapi fisik
5.
Penelitian / Pendidikan
Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks
Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks
6.
Hiburan
Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll
Efek Negaif Virtual Reality
Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll
Efek Negaif Virtual Reality
Tidak ada komentar:
Posting Komentar